Senin, 23 Mei 2016

Wonderful Indonesia di India dan OTM


#SELAMAT MALAM PARA KAWAN#
(Menyimak info Promosi Parawisata Indonesia di India)
_____________________________________________________________










_________________

Kata Pengantar
_________________

Tentunya kita tahu, "Wonderful Indonesia"atau "Pesona Indonesia"
atau "Kegiatan Promosi Parawisata Indonesia" telah dilaksanakan
dibeberapa Negara di Dunia.

"Lain Negara, lain ceritanya" Itu yang penulis tangkap setelah
mempelajari Wonderful Indonesia tersebut.

Ceritanya di Cina, begini :

Ceritanya di Sydney Australia, begini :

Ceritanya di Vietnam, begini :

Ceritanya di Singapur, begini :

...dan,,,

Ceritanya di India begini...!

Bagaimana...?

Begini dan Selamat menyimak...!
____________________________________________________________

Macam Info Berita Promosi Parawisata Indonesia di India
____________________________________________________________







]


REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wonderful Indonesia kembali meraih
penghargaan pada ajang India International Travel Mart (IITM)
2016 yang digelar di Kolkota, India pada 4 hingga 6 Maret 2016.

Pariwisata Indonesia menyabet tiga penghargaan, yakni Best
Destination Promotion Campaign, Best Decorated Stand
International, dan Preferred Honeymoon Destination.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara
Kemenpar I Gede Pitana mengatakan, ada dua keuntungan bagi
Wonderful Indonesia yang menang di Kolkota. Pertama, kata
dia, branding Wonderful Indonesia terus menanjak tinggi.

"Hadiah ini adalah kejutan, sekaligus bukti bahwa branding
wonderdul Indonesia sudah luar biasa di India,” ujar Pitana
dalam keterangan tertulisnya, Senin (7/3).

Kedua, lanjut Pitana, pasar India makin minat untuk jalan-
jalan ke Indonesia. Menurut dia, India itu tidak ada connectivity,
tidak ada direct flight, sehingga semua harus melalui Singapura
dan maskapai asing.

"Mesti tak ada penerbangan langsung, tahun 2015 wisman originasi
India sudah 250 ribu. Coba kalau ada direct flight, pasti
lebih besar lagi," papar Pitana.

”Kami sangat bersyukur bisa mendapatkan ketiga penghargaan itu.
Justifikasi penghargaannya adalah dari banyak tur operator
dan Hotel di India menanyakan paket Honeymoon, dan paket itu
yang membuka mata India dan menjadi kita berprestasi serta
mendapatkan penghargaan,” paparnya.

Pitana menambahkan, di ajang tersebut nama Bali masih menjadi
destinasi utama untuk honeymoon package di India. Selain itu,
paket destinasi yang ditawarkan olh Wonderful Indonesia sangat
murah sehingga para tur operator sangat antusias untuk memasarkan
Bali sebagai destinasi utama.

Perhelatan IITM 2016, lanjutu dia, menjadi peluang besar Wonderful
Indonesia sebagai paket destinasi utama bagi pasar India.

”Dengan adanya tampilan Indonesia Cultural Performance dan
branding di media online, media luar ruang di registration counter
dan main gate, serta di acara awards night, menjadi perhatian
utama pengunjung untuk lebih mengenal branding Wonderful
Indonesia. Kami sangat bersyukur,” ungkapnya.

Seperti diketahui, Kemenpar pada periode kuartal pertama (Januari-
Maret 2016) langsung merealisasikan rangkaian kegiatan pemasaran
dan promosi di seluruh kawasan-kawasan tempat asal wisman (origin).

Kegiatan tersebut mencakup pengiriman misi penjualan, melaksanakan
dan atau mengikuti festival dan pameran. Pameran ada yang sasarannya
masyarakat umum (BtoC) dan sifatnya (BtoB). Selain itu juga event
promosi pariwisata minat khusus dan MICE.

Pitana mengatakan, promosi di kawasan Asia Pasifik akan diberikan
bobot utama, sebagai sasaran pengembangan pariwisata mancanegara,
termasuk India.

Ia menambahkan, untuk event yang bersifat pameran umum yang akan
diikuti yaitu di Mumbai, India, Perth, Australia. Contoh event
BtoC yang akan diikuti Kemenpar termasuk perhelatan IITM ini.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengaku senang dengan
diraihnya tiga penghargaan di ajang IITM 2016, "Saya senang,
tradisi juara, tradisi pemenang, mulai menyatu di benak
karyawan Kemenpar, semoga ini awal kisah yang baik," ucap
Menpar Arief Yahya.

Arif sangat optimistis, spirit WIN-Way yang menggunakan 3S ---
speed, smart, dan solid-- yang dijadikan corporate culture
Kemenpar itu semakin menguat.  Menurut dia, memenangi awards di
berbagai event yang diikuti adalah salah satu indikator, bahwa
persiapan dilakukan lebih baik, konsep dan kreatif dikerjakan dengan
maksimal, dan implementasi lapangan dikontrol dengan ketat.
"Kemenangan itu harus direncanakan!" tegasnya.

http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/travelling/16/03/07/o3numx372-wonderful-indonesia-raih-tiga-awards-di-iitm-india
________

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) terus gencar melakukan
promosi di berbagai negara. Yang terbaru, Kemenpar menggelar
pameran bertajuk Wonderful Indonesia di New Delhi, India.

Orang India dibikin penasaran dengan Indonesia!
Dari rilis yang diterima dari Biro Hukum dan Komunikasi Publik
Kemenpar, Jumat (6/11) pameran Wonderful Indonesia tersebut
berlangsung selama 3 hari dari tanggal 30 Oktober sampai
1 November 2015.

Tempatnya di Select City Mall, A-3, District Centre, New
Delhi yang merupakan salah satu mal paling ramai di India.
Selama pameran berlangsung, Kemenpar menyiapkan suguhan
atraksi seni dan budaya dari berbagai destinasi di Indonesia.

Pengunjung mal disuguhi berbagai tarian seperti tari Lenso
khas Maluku, tari Cendrawasih dari Bali, Tari Njot-njotan
dari Betawi, dan Malang Carnival.

Untuk lebih menarik perhatian, pengunjung mal pun bisa
mendapatkan brosur, VCD, map, goody bag dan lain-lain yang
berisikan informasi destinasi pariwisata Indonesia. Aneka
games, photo session dan coffee tasting juga digelar untuk
menyemarakkan suasana.

Para pengunjung tampak antusias. Mereka pun mencari berbagai
informasi destinasi wisata Indonesia. Apalagi, mereka dapat
jalan-jalan ke Indonesia dengan bebas visa. Sebab, India masuk
dalam 90 negara yang mendapatkan Bebas Visa Kunjungan Singkat
(BVKS) ke Indonesia.

Tercatat, rata-rata 3.000 sampai 3.500 pengunjung memadati
pameran Wonderful Indonesia di sana. Pameran itu dinilai
mampu menggaungkan makna Wonderful Indonesia ke setiap
pengunjung mal, khususnya masyarakat India. (dt)

Sumber :
http://www.medanbisnisdaily.com/news/read/2015/11/08/197180/ketika-wonderful-indonesia-menyihir-india/#.V0LU0vl96Hs

_______________________________________________________________

Wonderful Indonesia dan  Outbond Travel Mart di Mumbai (OTM)
________________________________________________________________




Wonderful Indonesia Raih Penghargaan di OTM Mumbai
Red: Heri Ruslan
dok kemenpar  Wonderful Indonesia meraih penghargaan bergengsi
di ajang Outbond Travel Mart di Mumbai (OTM), India, Ahad (21/2).

Wonderful Indonesia meraih penghargaan bergengsi di ajang Outbond
Travel Mart di Mumbai (OTM), India, Ahad (21/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wonderful Indonesia meraih penghargaan
bergengsi di ajang Outbond Travel Mart di Mumbai (OTM), India, Ahad
(21/2).

Indonesia menyabet gelar "The Winner of The Comprehensive Integrated
Participation" dari travel market terbesar di India, yang diikuti
oleh banyak negara, yang mengincar pasar India.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, penghargaan ini sebagai
anugerah. Ia menyebut, selama ini tak ada penerbangan langsung
dari India ke Indonesia, baik dari kota-kota besar, seperti New
Delhi, Mumbai, Bangelore, Chennai, Kalkuta, maupun kota kecil di
Asia Selatan itu ke Jakarta Soekarno Hatta, Denpasar Ngurah Rai,
maupun Medan Kuala Namu. Semua penumpang dari dan ke India,
transit via Singapura dan Kuala Lumpur.






"Ini yang ajaib. Karena jumlah wisman asal India yang masuk ke
Bali, Jakarta, dan Medan, itu sudah di atas 250 ribu di 2015.
Rata-rata per hari sudah dua flight? Kami sudah meminta Garuda
Indonesia untuk terbang New Delhi-Jakarta, Chennai-Medan, dan
Mumbai-Denpasar sejak 2015 lalu, semoga direalisasi di tahun ini,"
ujar Menpar dalam keterengan tertulisnya yang diterima Senin (22/2).

Menpar mengaku bangga Indonesia bisa memenangi award bergengsi
travel market terbesar di India, yang diikuti oleh banyak negara,
yang mengincar pasar India itu.

Jumlah orang kaya India, yang berpotensi outbond, lebih dari 350
juta orang. Lebih besar dari penduduk Indonesia yang di kisaran
250 juta jiwa.

"Critical success factor menggaet pasar turis India adalah direct
flight. Itu saja dulu, concern yang harus dikebut." cetus Arief.
Dalam bursa pariwisata yang dihelat di Bombay Exhibition Center
itu, paviliun Wonderful Indonesia tampak mencolok. Kemenpar
memainkan convergency media, untuk mendapatkan impact yang
optimal. Dari media cetak, media luar ruang, media online, media
TV, venue pameran, dari tempat registrasi, baik untuk media,
buyers, visitors, semua dibungkus dengan logo yang mirip
garuda berwarna-warni itu.

Semua media promo, sampai touch screen, digital information
screen, dibranding Wonderful Indonesia. Desian-desain destinasi
Bali dengan pura dan pantai-pantai indah,
cukup mendominasi OTM Mumbai 2016 ini. "Karena itu masuk akal,
Kemenpar raih award the winner of The Comprehensive Integrated
Participation dari Outbound Travel Mart 2016-Mumbai," aku Arief Yahya.

Indonesia dan Filipina  merupakan negara di ASEAN yang mendapatkan
piala dan piagam penghargaan itu. Selain itu ada Jepang, Rusia dan
UAE yang juga membawa pulang award dari India.

"Malaysia tidak partisipasi di OTM Mumbai, karena turis dari India
yang ke Malaysia drop alias terjun bebas tahun 2015 lalu," ujar
Vincensus Jamadu, Asdep Asia Pasifik, India dan Australia itu.

____________

Penutup
____________


Demikian infonya para kawan...!

...dan...

Selamat malam..!

________________________________________________________________
Cat :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar